Sering Muncul di Drakor, Strategi Pemasaran Kopiko Memang Berbeda

Minggu, 8 Desember 2024 12:42 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Poster Drakor Enough To Love
Iklan

Sahabat Wirausaha pernahkan kalian menonton drama korea (drakor) dan menemukan kehadiran dari premen kopiko satu ini. Dan tidak hanya itu saja, brand ini sukses membuat dunia terperangah ketika Elon musk, sosok visioner dikancah teknologi dan bisnis global, terlihat menikmati produk Kopiko.

Kejadian viral ini semakin memperkuat posisi kopiko sebagai brand lokal dari negara Indonesia yang berhasil menembus batas dan mencatatkan namanya di hati audiens internasional. Untuk itu pada opini kali ini, kita akan menyelami lebih dalam mengenai strategi bisnis dari kopiko yang tidak hanya cerdik namun juga inovasi yang telah mengubahnya menjadi fenomena global tersendiri lebih dari sekedar merek premen kopi.

Sebelum mengetahui mengenai strategi pemasarannya, yuk kita intip dulu mengenai sejarah dari permen Kopiko kali ini. Kopiko adalah inovasi permen kopi asli karya dari PT. Mayora Indah Tbk, permen ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982 oleh Jogi Hendra Atmadja. Pada saat itu, gagasan tentang permen berbasis dari kopi ini merupakan konsep baru dan belum di kenal dikalangan masyarakat di Indonesia.

Dengan mengambil langkah inovatif, Kopiko menonjol berkat pemilihan kopi asli dari Lereng Pegunungan Vulkanik Indonesia, yang terkenal dengan tanahnya yang subur dan penuh nutrisi. Keistimewaan ini mengahasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi, memiliki cita rasa khas dan memikat sehingga memberikan karakter unik pada setiap butirnya.

Logo Kopiko sendiri menjadi simbol identitas merek yang mencerminkan kualitas, kelezatan dan elegansi produk. Berkat kualitas dan keunikan rasanya, kopiko berhasil merambah pasar internasional dan memperluas jangkauannya ke negara – negara lain seperti Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa. Serta membangun reputasi merek permen terkemuka yang diakui dan disukai secara global.

Selanjutnya kita intip strategi pemasaran dari Kopiko. Dalam pemasarannya kopiko memanfaatkan kepopuleran dari drama korea (drakor). Drama korea yang hits tidak hanya meningkatkan visibilitas tetapi secara signifikan meningkatkan brand awarness dikalangan penggemar drakor secara global. Kopiko juga melakukan endorsement kepada tokoh terkenal seperti Elon Musk dengan viralnya Kopiko yang dikonsumsi oleh Elon Musk memberikan dampak postif terhadap citra Kopiko. Selanjutnya Kopiko juga melakukan inovasi terhadap produknya dan melakuka penyesuaian pasar dengan tidak berhenti melakukan inovasi dan terus memperkaya lini produknya dengan berbagai varian rasa yang unik dan kebutuhan selera pasar internasional yang beragam.

Mereka melakukan dengan memperkuat branding sehingga membagun cita rasa merek yang kuat dengan memberikan slogan yang mencerminkan filosofi dari Kopiko. Sehingga membuat konsumen mudah untuk mengingat Kopiko. Selain itu mereka juga melakukan promosi yang jitu untuk mempertahankan posisi di pasar lokal dan global. Dengan menggunakan iklan yang menarik di televisi dan radio serta pemasangan di bilboard di lokasi yang strategis dalam meningkatkan brand awarness.

Dalam hal ini sehingga Kopiko tetap terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat lokal tetapi juga masyarakat luar negeri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagikan Artikel Ini
img-content
Fiki Nurul Ahsani

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler